untuk diketahui…

Setelah sedikit berbincang tentang pengetahuan budaya dari daerah masing-masing dengan teman saya yang INI dan yang INI. saya baru tahu ternyata walaupun memiliki ragam suku dan budaya, tetapi ada juga kebiasaan atau adat istiadat yang sama antar suku dari berbagai daerah di Indonesia. Kebetulan teman saya asli batak, maka saya ambil contoh, kebiasaan masyarakat batak dengan kebiasan masyarakat dari daerah saya,  Adonara-Flores Timur. Salah satu kebiasaan yang sama ialah, cara membuat kain tenun/tenun ikat. Cara tradisional yang dipakai oleh masyarakat Adonara sama dengan yang dipakai oleh masyarakat batak. walaupun kata teman saya, di masyarakat Batak sudah menggunakan cara dan alat yang lebih modern tetapi pada awal mulanya cara yang digunakan adalah sama dengan cara yang digunakan oleh masyrakat di daerah saya…

Pembuatan Kain Tenun Adonara / KwatekPhoto: 1

Pembuatan Kain Tenun Batak/Ulosphoto: 2

Photo 1: Pembuatan Kain Tenun Adonara/Kwatek saya ambil dari sini.
Photo 2: Pembuatan Kain Tenun Batak/Ulos saya ambil dari sini.

Sekilas info, foto pembuatan kain tenun adonara/kwatek saya ambil dari galery foto perjalanan libur kakak saya ke kampoeng halaman kami Adonara.
Dari kedua foto diatas terlihat jelas persamaan proses dan alat pembuatan kain tenun adonara/kwatek dan kain tenun batak/ulos. Meskipun semboyan negara kita Bhineka Tunggal Ika, tetapi terdapat pula kesamaan budaya maupun adat istiadat dari berbagai daerah  di Indonesia, yang dapat membuat kita  lebih BERSATU lagi…!!!
Berhubung pengetahuan saya tentang beragam budaya di Indonesia masih sangat kurang, mungkin bisa teman-teman menambahkan lagi, dari apa yang telah saya tulis ini…

Salam Bhineka Tunggal Ika…!!

Advertisements

KRSqu… dimana kamu???

Sehari menjelang Ujian Akhir Semester, saya kebingungan mencari Kartu Rencana Study (KRS) saya, yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian di STMIK AMIKOM. Itu semua karena kecerobohan saya menyimpan KRS tidak pada tempatnya… argghh…!!! Bingung…!! sudah seluruh sudut rumah kontrakan saya saya periksa, namun tidak saya temukan KRS itu… entahlah mungkin saja sudah menjadi sampah, dan dibakar oleh penghuni kontrakan saya…!!!!

pesan buat teman-teman: ” jangan sekali-kali menyimpan barang berharga tidak pada tempatnya jika tidak ingin bernasib seperti saya..!! ” 😦

arggghhh….

semua karena ketololanku… postingan yang udah aku publish malah kehapus, hanya karena ingin mengutak-atik blog saya. ada gak cara buat balikin postingan yang udah kehapus??? Ada yang tau??? arghhhhh….!!!

kebiasaan atau…???

jam di kompie menunjukan 3:51 AM, sebentar lagi adzan subuh akan terdengar jelas dari pengaras suara yang ada pada masjid disekitar kontrakan saya, pertanda waktunya saudara-saudara umat muslim melaksanakan sholat subuh. tapi entah kenapa, saya belum juga merasa ngantuk sedikitpun. akhirnya saya memutuskan untuk kembali membuka blog ini, yang belum juga berumur sehari untuk membuat postingan lagi. arghhh… kebiasaan buruk yang menjangkit saya setelah beberapa minggu saya berada di jogja, sampai sekarang ini. sebenarnnya saya ingin sekali merubahnya tapi entalah, saya merasa sangat susah untuk merubahnya. apakah karena udah menjadi sebuah kebiasaan?? atau mungkinkah ini gejala  insomnia ?? oh tidak…! mudah-mudahan ini hanyalah sebuah kebiasaan buruk yang saya yakini bisa saya rubah, tentunya dengan niat dan usaha…!!

hanya sebuah asa…

“Tuhan kirimkanlah aku, kekasih yang baik hati, tidak sombong, suka menabung, seperti ruri…”

Lirik lagunya The Rock yang diplesetin oleh Abdel & Temon. Setelah mendengarnya saya jadi ngakak gak karuan. Dengan gayanya yang khas Temon dengan PDnya menyanyikan lagu lirik lagu tersebut. walaupun lagunya yang asli  sudah begitu lama bomming di indonesia, tetapi saya baru merasa tersentuh dengan lirik lagu tersebut. hmmmm….
iyaaaa, mank begitu adanya, sebagai seorang lelaki tulen,  gak salah mengharapkan seperti lirik lagu yang dinyayikan oleh Temon diatas ataupun penyanyi aslinya. Dan pada saat munulis postingan ini, muncul pertanyaan, begitu sulitkah harapan itu terwujud??? Mengapa yang pernah hadir hanya sekedar numpang lewat, lalu pergi begitu saja bagai peswat tempur…(lirik lagunya Bang Iwan Fals), setelah berhasil menggerogoti perasaan ini… Mungkin ada yang salah dengan diri ini??? what’s wrong??? *coba mencari kesalahan* Haruskah bertahan seperti ini?? Tapi sampai kapan??? Mungkin hanya waktulah yang akan memberi suatu jawaban pasti dari pertanyaan diatas. dan setelah ini lagu itu pasti bakal selalu ada di winamp dan saya hanya bisa ikut menyanyikan lirik asli lagu tersebut*siap-siap nyanyi*:

” Tuhan Kirimkanlah aku kekasih yang baik hati, yang mencintai aku, apa adanya…..” amiiiiiiiiin….!

Final Project KKPI

hufff….

Setalah sekian jam, setelah sekian hari, bahkan setelah sekian minggu, akhirnya jadi juga saya membuat blog sendiri, sebagai syarat mendapat nilai akhir pada mata kuliah Keterampilan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi(KKPI). Mudah-mudahan blog saya yang banyak memiliki kekurangan ini, bisa meberikan saya nilai akhir sesuai harapan saya. Buat pak dosen saya: ” pak, kemampuan saya baru begini saja, mohon dinilai sesuai kemampuan saya” makasih yah pak… :).
mudah-mudahan, dalam tahap  pembelajaran ini,  blog ini tidak hanya saya buat tetapi juga harus saya kelola dengan baik.

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!