untuk diketahui…

Setelah sedikit berbincang tentang pengetahuan budaya dari daerah masing-masing dengan teman saya yang INI dan yang INI. saya baru tahu ternyata walaupun memiliki ragam suku dan budaya, tetapi ada juga kebiasaan atau adat istiadat yang sama antar suku dari berbagai daerah di Indonesia. Kebetulan teman saya asli batak, maka saya ambil contoh, kebiasaan masyarakat batak dengan kebiasan masyarakat dari daerah saya,  Adonara-Flores Timur. Salah satu kebiasaan yang sama ialah, cara membuat kain tenun/tenun ikat. Cara tradisional yang dipakai oleh masyarakat Adonara sama dengan yang dipakai oleh masyarakat batak. walaupun kata teman saya, di masyarakat Batak sudah menggunakan cara dan alat yang lebih modern tetapi pada awal mulanya cara yang digunakan adalah sama dengan cara yang digunakan oleh masyrakat di daerah saya…

Pembuatan Kain Tenun Adonara / KwatekPhoto: 1

Pembuatan Kain Tenun Batak/Ulosphoto: 2

Photo 1: Pembuatan Kain Tenun Adonara/Kwatek saya ambil dari sini.
Photo 2: Pembuatan Kain Tenun Batak/Ulos saya ambil dari sini.

Sekilas info, foto pembuatan kain tenun adonara/kwatek saya ambil dari galery foto perjalanan libur kakak saya ke kampoeng halaman kami Adonara.
Dari kedua foto diatas terlihat jelas persamaan proses dan alat pembuatan kain tenun adonara/kwatek dan kain tenun batak/ulos. Meskipun semboyan negara kita Bhineka Tunggal Ika, tetapi terdapat pula kesamaan budaya maupun adat istiadat dari berbagai daerah  di Indonesia, yang dapat membuat kita  lebih BERSATU lagi…!!!
Berhubung pengetahuan saya tentang beragam budaya di Indonesia masih sangat kurang, mungkin bisa teman-teman menambahkan lagi, dari apa yang telah saya tulis ini…

Salam Bhineka Tunggal Ika…!!

3 Responses

  1. Good Bobbie.
    Kita harus menghargai karya kreasi para leluhur yang memiliki teknologi pada jamannya Modesrnisasi adalah penyempurnaan dari apa yang telah mereka lakukan dari dulu. Mereka damai dan hidup wajar dari apa yang mereka mampu. Mereka membangun peradaban yang teruju bernilai luhur. Kita harus menghargai itu semua. Salam kenal Bob,

    • @tanobatak:
      yaapp… benar sekali bang…!! qta harus menghargai dan terus melestarikan karya para leluhur qta.
      salam kenal juga bang..!

  2. Mama saya kebetulan berjualan kain tenun ( Kwatek ) di Adonara … saya sendiri di Jakarta punya beberapa koleksi kain tenun… dan ada beberapa saya buatkan baju dan Tas untuk ke pesta. Ketika saya pake teman2 saya di kantor bilang bagus… unik…
    Jadi kita tidak hanya memakai kain tenun untuk sarung saja tetapi bisa dibuat Baju, Tas, Syal, sepatu, dengan kain tenun… sekalian memperkenalkan kain tenun adonara, seperti halnya Kain Batik yang saat ini sedang menjadi trend…
    Jadi mari tetap lestarikan budaya leluhur kita…
    Salam…

Leave a Reply

