belis gading (” Welin Bala “)

Setelah membaca thread dari salah satu grup Orang Adonara di Friendster yang membahas tentang Belis Gading Para wanita Adonara khususnya dan Flores Timur & Lembata umumnya. Saya langsung berpikir untuk mebuat postingan gak mutu ini.
Mengapa Gading Gajah yang menjadi belis Kebarek Adonara(Gadis Adonara)???? Disinilah terlihat begitu dihargai dan dihormatinya para kebarek Adonara. Mengapa saya berkata begitu?? Karena Gajah merupakan binatang yang tidak pernah ada di Adonara. Anda bayangkan saja betapa sulitnya untuk para pria yang ingin mempersunting Kebarek Adonara menjadi istri mereka! Kemana mereka harus mencari gading ketika mereka berada di Adonara yang tidak memiliki seekorpun gajah sampai dengan sekarang ini. Tidak semudah membalikan telapak tangan! Menurut saya mungkin itulah yang menjadi alasan para leluhur kami untuk menjadikan Gading sebagai belis anak gadis mereka sejak dahulu kala. Setalah bertahun-tahun dengan susah payah membesarkan anak gadis mereka, mereka mungkin tidak begitu mudahnya melepas anak gadis mereka untuk dibawa pergi oleh sang calon suami. Dengan adanya Belis Gading, sang calon suami dan keluarganya dipaksa berjuang untuk bisa mempersunting Sang Gadis sebagai istri sah dan ikut juga merasakan perjuangan orang tua sang gadis yang sudah membesarkan anak gadis mereka! Jika semua yang diminta oleh keluarga sang gadis sudah terpenuhi, barulah urusan dengan Agama bisa berjalan! Saat itulah Sang Calon suami baru mendapat kepercayaan penuh dari pihak keluarga untuk membawa pulang dan melindungi Anak Gadis mereka sebagai istri yang sah menurut adat dan agama!! Ini merupakan sebuah adat – istiadat di Adonara yang sudah secara turun temurun dilaksanakan oleh masyrakat kami. Selamat berjuang buat para pria yang hendak mempersunting kebarek adonara sebagai istri…!!
Gading Keluarga Saya
Foto Diatas saya ambil dengan kamera HP ketika kelurarga saya melaksanakan sebuah prosesi upacara adat di Desa Watoone-Witihama-Adonara. Yang sedang memegang gading itu bapak saya loh! 😀

Advertisements

6 Responses

  1. Kasihan gajahnya dong , gading cuma diambil 1 , ompong dong hehehe 🙂

    Dalam setahun anda 100 pernikahan , gajah yang di ambil gadingnya 50 ekor dong. Apa gak kena marah pemerintah tuh ngambil gading gajah ?

    • @Andri Irawan:
      gak gitu mas… gak pada saat nikah, trus kita ngambil gading dari gajah yg masih hidup! gading itu udah ada sejak dahulu kala. mungkin peninggalan moyang2 kami. Jadi pemerintah gak ada hak buat marah donk… orang sekarang ini, di Pulau Adonara itu juga gak ada gajah koq! malah bisa dibilang kita melestarikan sesuatu yang hampir punah..!! hehehe….! lagian itu juga adat istiadat yang yang diturunkan oleh moyang kami. coba aja mas liat ikan paus yang diburu di Lamalera. apakah pemerintah marah mas??? gak kaN?? napa hayoo?? hehehe….

  2. NAMANYA ADAT DAN TRADISI YANG DI WARISKAN OLEH NENEK MOYANG YANG HARUS DI PERTAHANKAN .

    ADAT MEMANG KUAT PERANAN DI ADONARA
    SAYA PERCAYA AKAN HAL INI

    KARNA DI UPACARA ADAT ORANG ADONARA SUDAH MENGAKUI ADANYA TUHAN DENGAN SEBUTAN ( TUHAN LERA WULAN TANAH EKAN )
    KALAU DI BANDINGKAN DENGAN AGAMA AKU MASIH KUATAN ADAT KARNA ADAT SUDAH MENGAKUINYA.

    MAKANYA ORANG DARI LUAR MEMPROFOKASI DARI SEGI AGAMA DIA HARUS MIKIR 10 JUTA KALI UNTUK MELAKUKAN PROFOKASI

    OPU BACA AKE BEKENE

  3. salam kenal……saya juga orang FORTON…alias Flores (Adonara) Buton (Wanci)

  4. Gading itu diwariskan turun-temurun jadi tidak usah kuatir orang adonara perlu membunuh gajah dulu sebelum kawin. Hehehe… jadi ingat ortu.

  5. Belis Gading Merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga masyarakat Adonara, khususnya kebarek2 Adonara …
    Saya juga dari Adonara tetapi kebetulan jodoh saya orang Jawa jadi suami saya belum kasih belis gading…. mungkin suatu saat nanti, waktunya akan tiba akan dikasih, karna bagaimanapun juga harga seorang kebarek Adonara itu tetap selalu ada, mau sampe kakek2 dan nenek….
    Terima kasih ama.. karna sudah bikin posting tentang Belis Gading ini… paling tidak bisa memperkenalkan adat istiadat dan kebudayaan Flores timur, khususnya Adonara ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: